Lihat Yuk Kalian Kelompok Wisatawan yang Mana

Wisatawan juga ada kelompoknya lho cuy, disini gw akan memberikan 7 kelompok wisatawan dengan pendekatan interaksi dan cognitive normative, lihat yuk kalian termasuk wisatawan yang kayak gimana sih ?

Dengan pendekatan interaksi pendekatan ini terletak di sifat sifat interaksi antara wisatawan dan masyarakat lokal cuy


Lihat Yuk Kalian Kelompok Wisatawan yang Mana
foto dari wisata halimun


  • Explorer yaitu wisatawan yang mencari perjalanan baru dan berinteraksi secara intensif dengan masyarakat lokal cuy dan bersedia menerima fasilitas seadanya serta menghargai norma dan nilai-nilai lokal


  • Elite yaitu wisatawan yang mengunjungi daerah tujuan wisata yg belum dikenal cuy, tapi dengan pengaturan lebih dulu, dan berpergian dalam jumlah yang kecil


  • Off-beat yaitu wisatawan yang mencari atraksi sendiri cuy, gamau ikut ke tempat-tempat yang sudah ramai dikunjungin orang cuy, biasanya wisatawan seperti ini menerima fasilitas seadanya di tempat lokal.


  • Unusual yaitu wisatawan yg dalam perjalanannya, sekali waktu juga mengambil aktivitas tambahan taudah ngapain nih , untuk mengunjungi tempat tempat yang baru, atau melakukan aktivitas yang agak beresiko, ya beresiko extreme cuy. Meskipun dalam aktivitas tambahannya bersedia menerima fasilitas apa adanya, tetapi program pokoknya tetap harus mendapatkan fasilitas standar


  • Incipent Mass yaitu wisatawan yang melakukan perjalanan secara individual atau kelompok kecil, dan mencari daerah tujuan wisata yang mempunyai fasilitas standar tapi masih menawarkan keasliannya


  • Mass yaitu wisatawan yang berpergian ke daerah tujuan wisata dengan fasilitas yang sama seperti daerahnya, atau berpergian ke daerah environmental bubble yang sama. Interaksi dengan masyarakat lokal kecil, kecuali dengan mereka langsung berhubungan dengan usaha pariwisata


  • Charter yaitu wisatawan yang mengunjungi daerah tujuan wisata dengan lingkungan yang mirip dengan daerah asalnya, dan biasanya hanya untuk bersantai/bersenang senang. Mereka berpergian dalam kelompok besar, dan menerima fasilitas yang berstandar internasional.


Dengan pendekatan cognitive-normative pendekatan ini menekankan pada motivasi yang melatar belakangi perjalanan wisata cuy


Lihat Yuk Kalian Kelompok Wisatawan yang Mana
foto bang khihad


  • Existensi yaitu wisatawan yang meninggalkan kehidupan sehari hari dan mencari 'pelarian' untuk mengembangkan kebutuhan spiritual. Mereka bergabung secara intensif dengan masyarakat lokal.


  • Experimental yaitu wisatawan yang mencari gaya hidup yang berbeda dengan yang selama ini dilakoni, dengan cara mengikuti pola hidup masyarakat yang dikunjungi. Wisatawan seperti ini secara langsung terasimilasi ke dalam kehidupan masyarakat lokal.

  • Experiential yaitu wisatawan yang mencari pelarian dan kehidupan rutin yang membosankan. Mereka mencari fasilitas yang berstandar internasional


  • Recreational yaitu wisatawan yang melakukan perjalanan wisata sebagai bagian dari usaha menghibur diri atau relaksasi, untuk memulihkan kembali semangat (fisik dan mentalnya). Mereka mencari lingkungan yang menyenangkan, umumnya tidak mementingkan keaslian.


Semua itu bisa berubah sewaktu waktu cuy, tergantu kalian sendiri, mungkin sekarang kalian berada di salah satu kelompok wisatawan diatas namun sewaktu waktu bisa berpindah kelompok di salah satu wisatawan diatas

Yuk share untuk mengetahui kelompok apasih teman kalian mungkin cocok trus bisa berwisata bareng deh ,komen dibawah yuk biar yg lain tau kalian kelompok wisatawan yang mana

baca juga pengetahuan wisata lainnya

Referensi : buku sosiologi pariwisata

Postingan terkait:

14 Tanggapan untuk "Lihat Yuk Kalian Kelompok Wisatawan yang Mana"

  1. Replies
    1. wah agan termasuk
      wisatawan yang menarik

      Delete
  2. ane termasuk yang explorer nih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan termasuk wisatawan yang ramah , bagus bagus

      Delete
  3. Yah gw sering jd 5 diantaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya seperti yang gw bilang semuanya bisa berganti sewaktu waktu atau bisa lebih daari 1

      Delete
  4. kalo saya yang no 1 gan Explorer biar mengenal daerah sekitar sekalian menambah teman dan berkenalan dengan penduduk lokal

    ReplyDelete
  5. ada aja wisatawan bisa dibedakan,, kalo aku kira2 yang elite wisatawan....

    ReplyDelete
  6. Kalau ada waktu ane kesana dah

    ReplyDelete

- kuy cuy share pengalaman kalian
- menambah url aktif dianggap spam