Definisi Komunikasi yang Mudah Dipahami

Yah cuy ini merupakan tugas yang saya dapat dari materi kuliah komunikasi pariwisata semoga beranfaat buat kalian semua


definisi komunikasi yang mudah dimengerti
foto dari blogsimulasidigital




  • Apa sih definisi komunikasi cuy ? 
komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan tujuan untuk memberitahu suatu informasi, mengubah sifat,pendapat serta perilaku dengan lansung maupun tidak langsung


Penjelasan: langsung itu bisa menggunakan lisan contohnya dosen memberi materi kepada mahasiswa, kalau tidak langsung itu melalui media seperti lewat line atau whatsapp


perumpamaannya gini deh kalau lu mau ngirim barang lewat jne pasti kalian harus punya barang (informasi) serta tujuan pengurim (orang lain) jadi kalo kalian ga ada informasi itu bukan komunikasi cuy , sama juga kalo kalian ga ada orang lain untuk menyampaikan informasi yang kalian punya itu juga bukan komunikasi ,itu namanya ngomong sendiri wkwkwk

gw disini bukan memberi kalian bahan copas cuy, tapi cuma memperjelas hasil copas kalian biar kalian ngerti :v :v :v

  • Jelasin dong proses penyampaian dan penerimaan pesan dalam komunikasi !

nah kalian udah tau kan definisi komunikasi tadi sekarang disuruh jelasin nah mantap kan



proses penyampaian dalam komunikasi
foto dari mengerjakantugas


Pengirim ini menyampaikan simbol/bahasa melalui media menggunakan lisan maupun tulisan setelah itu sang penerima pesan mengartikan pesan tersebut cuy baru deh penerima pesan menerima pesan setelah itu sang penerima pesan mengirim umpan balik kepada sang pengirim pesan untuk memberi tahu bahwa pesan tersebut udah kekirim



Penjelasan: disini kalian ga bakal bisa mengirim pesan kepada orang yang memiliki gangguan komunikasi nanti dijelasin dibawah, contohnya aja lu mau ngajak gw jadian tapi hati gw lagi sedih abis putus sama pacar gw otomatis pesan kalian gw abaikan soalnya hati gw lagi ga enak,


sama juga kalian ngajak makan temen kalian yg sedang gundah gulana pesan kalian hanya di iyain soalnya sedang ga fokus sama pesan yang kalian sampaikan



  • Apa saja gangguan dalam komunikasi?
  •  Teknis (alat/gangguan saluran)
contoh gangguan teknis komunikasi
foto dari tentangibu



  Jadi disini contohnya sang pengirim pesan lagi sakit gigi jadi pesan yang disampaikan tidak jelas jadi sang penerima pesan sulit untuk mengartikan pesan kalian jadi pesan kalian gagal terkirim)


  • Semantik (salah bahasa)


Jadi contohnya gini deh ini cerita dosen gw , pas dosen saya mengirim pesan kepada atasannya dengan kata " tugas yang kemarin anda minta sudah saya kirim" nah setelah itu dibalas "tolong jangan gunakan anda soalnya sudah kenal"


jadi disini kata "anda" mengandung arti seseorang yg baru kalian kenal cuy jadi jangan digunakan kalo kalian udah kenal lama sama seseorang soalnya berdampak buruk bagi hubungan kalian guys


  • Psikologis (persoalan pribadi)
contoh gangguan psikologis komunikasi
fotonya hype.idntimes

Ini sudah gw jelasin diatas tadi cuy jadi tolong pengertiannya kepada sang penerima jika psikologi penerima sedang tidak baik



  • Fisik(geografi)


Jadi gamungkin dong kalian mau ngasih informasi kalo kalian di kamar sedangkan penerima pesannya di kampus kan ga kedengeran atau sang penerima ga ada sinyal ditempat yg terpencil gitu


  • Status(status yang berbeda)


Gini kalian inj dosen muda yang mengajar pasca sarjana yang umurnya jauh di atas kalian jadi kalian bakal merasa canggung dan down karena sang penerima pesan ini jauh lebih dewasa dari kalian


Dan ada lagi contohnya operational menangani kostumer yg masih muda dan sang operational tidak mau melayani karena kostumernya masih muda jadi tolong cuy kalo seumpama nemu kayak gini tolong hargai apapun statusnya


  • Kerangka berfikir(perbedaan pola pikir)


Perbedaaan pola pikir cuy contohnya bahasa yang digunakan mahasiswa ke pada khalayak awam adalah bahasa ilmiah jadi sang penerima ini kurang mengerti jadinya pesannya gagal paham


  • Budaya(nilai, norma)


Ini sih contoh dari saya sendiri yg sebelumnya belum saya tanyakan kedosen benar atau salah
Contohnya kita mengajak teman untuk melakukan sholat padahal teman kalian ini kristen jadi bakalan salah faham

Nah cukup segitu dulu ya cuy apa yang gw sampaikan ini


baca juga cuy artikel tentang pengetahuan wisata lainnya

Sekarang gw mau tau apasih gangguan dalam komunikasi yang pernah kalian alami ? tulis di kolom komentar ya sebagai timbal balik apa yang telah gw sampaiin ke kalian semua

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Definisi Komunikasi yang Mudah Dipahami"

- kuy cuy share pengalaman kalian
- menambah url aktif dianggap spam